Minggu, 11 Mei 2014

Multi-Enterprises

Mendirikan suatu badan usaha memang memerlukan banyak pengalaman dan modal yang bisa dikatakan tidak sedikit, agar usaha yang kita jalani tidak berakhir dengan 'Sad Ending'. Hal yang perlu kita perhatikan adalah memfokuskan diri pada bisnis utama atau bisnis inti (Core Business). Bisnis utama biasanya adalah bisnis keluarga, jangan anggap remeh apabila kakek, nenek, ayah, atau ibu kita memiliki usaha dalam suatu bidang misalnya: toko kelontong, bisnis pulsa, ternak sapi, ternak kambing, jual air prigen, jual sayuran, atau jual sembako. Biasanya bisnis keluarga termasuk bisnis kecil (UMKM) namun tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis keluarga yang dimiliki oleh ayah atau ibu kita menjadi besar, itu semua tergantung pada usaha kita, apakah kita mau melanjutkan usaha tersebut atau membiarkannya hilang dan musnah. Apabila kita fokus untuk mengembangkan bisnis keluarga yang kita miliki, dengan kerja keras pantang menyerah serta manajemen yang baik kita pasti bisa menjadikan bisnis keluarga menjadi bisnis besar dan profesional.

Apabila kita sudah mampu mengembangkan bisnis inti, kita bisa terjun ke bisnis lainnya yang sesuai dengan minat dan bakat (interests and talents). Memiliki bisnis lebih dari satu bidang juga perlu diperhatikan karena banyak manfaat yang bisa kita dapat dari itu diantaranya yaitu:

1. Supporting Business
Memiliki bisnis lebih dari satu bidang bisa menjadi 'supporting' untuk bisnis kita yang lain. Misalkan suatu ketika bisnis 'A' kita sedang dalam keadaan lesu atau income berkurang, maka kita bisa menyuntikkan dana dari bisnis 'B' yang kita milik ke bisnis 'A' sebagai tambahan modal agar jangan sampai gulung tikar.

2. Improving Skill
Pada saat kita memulai bisnis diluar bisnis utama, itu adalah sarana untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbisnis. Kesuksesan yang bisa kita raih untuk mengembangkan bisnis inti bisa kita terapkan ke dalam bisnis baru kita.

3. Refreshing
Memiliki bisnis lain bisa juga sebagai sarana refreshing, karena jika kita menghadapi hal yang sama setiap hari maka itu membuat kita jenuh dan stres. Bisnis di bidang lain bisa membuat kita merasa lebih baikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar