Minggu, 27 April 2014

Micro - Cattle Feedlot

Ditinjau dari segi bahasa, Micro atau dalam Bahasa Indonesianya Mikro adalah berkaitan dengan jumlah yang sedikit atau ukuran yang kecil. Sedangkan kata Feedlot yang berasal dari Bahasa Inggris berarti penggemukan. Jadi Micro-Feedlot bisa diartikan dengan sistem penggemukan hewan ternak dengan ukuran kecil. Penggemukan disini bisa berupa penggemukan sapi, kambing, ayam, ikan, burung, dll. Sedangkan ukuran disini bisa berarti total hewan ternak yang dipelihara atau pun ukuran perkandangannya.

Di kesempatan kali ini penulis akan memfokuskan diri dalam bidang Micro-Cattle Feedlot atau penggemukan sapi mikro. Micro-Cattle Feedlot adalah sistem penggemukan sapi secara intensif dengan menempatkan setip ekor sapi di dalam kandangnya masing-masing (kandang individu) yang disekat dengan penyekat besi atau beton dengan ukuran kurang/lebih 1m x 2m (2 meter persegi).

Dengan sistem Micro - cattle Feedlot yang menggunakan kandang micro-individu, sapi akan dibatasi pergerakannya agar pertumbuhan bisa terfokus pada pertambahan bobot tubuh. Dan juga sapi tidak akan lagi bergeseran dengan sapi lainnya karena sudah ada penyekat yang berupa besi atau beton. Dengan menggunakan sistem tersebut, sapi tidak lagi diikat dengan tali tambang, hal ini membuat sapi lebih nyaman berada di kandangnya.

Seperti di dalam video tentang Cattle Feedlot yang diupload di Youtube oleh Veterinariansoncall berjudul "Beef Cattle Feedlot in Nebraska says animal comfort is key to succes", menjelaskan bahwa kenyamanan hewan ternak adalah kunci kesuksesan. Jadi sebagai peternak kita harus memperhatikan kondisi hewan ternak kita agar jangan sampai hewan ternak kita mengalami stres karena sistem perkandangan yang tidak terkondisikan dengan baik. Maka dari itu kita berusaha untuk membuat hewan ternak kita menjadi lebih nyawan dengan sistem perkandangan micro-individu agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha peternakan yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar