Minggu, 01 Desember 2019

Sungai-Sungai

Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 25 terdapat kata "Sungai-Sungai". 

Waktu kami membaca buku berjudul "AGRIBISNIS KREATIF", karya Iwan Setiawan, pada halaman 462, juga membahas tentang ayat tersebut. 

Berikut ini penjelasannya,

Selain hujan, sumber air untuk pertanian juga berasal dari sungai-sungai yang mengalir dari hutan-hutan. Oleh karena itu, ada pelajaran yang dapat dipetik dari Al-Quran, terutama dari ayat-ayat yang berisi tentang sungai. Sebagai catatan, ayat yang berbunyi, 

"Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya" (QS. Al-Baqarah Ayat 25)

Ayat tersebut diulang hingga 50 kali lebih di dalam Al-Qur'an. Pertanyaannya, kenapa begitu banyak diulang? Adakah pelajaran dibalik ayat-ayat tersebut? Meskipun menurut para mufassirin "makna dan fisik sungai" dalam ayat-ayat tersebut berbeda dengan sungai yang ada di dunia, penulis (Iwan Setiawan) yakin bahwa dibalik semua itu ada pelajaran (bahkan perinta-Nya) bagi kita untuk memelihara keberadaan, fungsi, manfaat, dan kelestarian sungai-sungai yang ada di dunia (termasuk daerah aliran sungai dan sumber-sumber air) sebagai jaminan pasti bagi keberlangsungan aktivitas pertanian, peternakan, perikanan dan berbagai aktivitas kehidupan manusia lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar