Senin, 11 Juli 2016

Study Banding di Agro Fauna Kertosari Pacet

Hari ini saya dan istri berkesempatan study banding di Agro Fauna Kertosari (AFK) di Pacet. AFK adalah perusahaan yang bergerak di bidang penggemukan sapi pedaging.

Sistem kandang yang dipakai disana ada 2 jenis yaitu kandang tunggal dan kandang koloni. Kandang tunggal berisi sapi limousin merah dan sapi madura, yang kusus dijual untuk keperluan kurban. Dan kandang koloni diisi dengan sapi putih yang kusus dijual di RPH.

Pakan yang disediakan untuk sapi ada 2 jenis yaitu pakan hijauan yang berupa rumput, pohon jagung, & kulit jagung yang telah dicacah menggunakan mesin chopper. Dan pakan konsentrat yang dibuat sendiri dari limbah pertanian kering seperti dedak, tumpi jagung kering, dll yang telah difermentasikan.

Perusahaan agribisnis ini juga memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk organik untuk tumbuhan hortikultura mereka seperti sayuran, buah-buahan, & rumput gajah yang ditanam di sekitar lahan ternak yang memang sangat luas.

Dan hal terakhir yang saya pelajari dari AFK adalah sistem managemen tiap bidang mereka, mulai dari keamanan, marketing, produksi, & perkantoran yang sangat rapi dan integrated. Inilah tempat penggemukan sapi yang paling profesional yang pernah saya kunjungi, amazing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar