Sabtu, 15 Februari 2020

Harry Stine, Petani Dyslexia yang Sukses Jadi Miliarder Dunia


Berprofesi sebagai petani biasanya jauh dari kesan glamor dan mewah, bahkan justru lekat dengan kehidupan serba sulit. Salah satu miliarder kelas dunia, Harry Stine tampaknya dapat menjadi sosok yang tepat untuk menepis semua tanggapan tersebut.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (29/3/2014), Stine mampu mengubah kehidupan miskinnya menjadi miliarder dengan total kekayaan bernilai US$ 2,9 miliar dari bisnisnya di bidang pertanian. Bahkan Stine merupakan pendiri perusahaan bibit terbesar di dunia, Stine Seed.

Siapa sangka, Stine dulunya dibesarkan di tengah kemiskinan. Dia tinggal di kawasan perkebunan tempat sang ayah menggarap lahan dan merawat tanamannya.

Meski terkenal handal dalam berinovasi di bidang pertanian dan pandai mengembangkan genetika tanaman unggul, pria berusia 72 tahun ini ternyata tak dikenal cerdas di saat masih bersekolah. Stine cilik justru harus berjuang mati-matian untuk bisa mempelajari sejumlah mata pelajaran di sekolah.

Dia ternyata menderita dyslexia dan didiagnosa berpotensi menderita autis. Namun semua penyakitnya itu tak lantas menjadikan Stine merasa kasihan pada dirinya atau membuatnya tak bersemangat memperjuangkan hidup.

Sebaliknya, dia mengubah seluruh kekurangan itu menjadi bagian dari kesuksesannya. Stine tak pernah berhenti belajar dan bereksperiman pada sejumlah lahan dan peternakan sapi yang ditinggalkan sang ayah.

Stine mengatakan, dirinya selalu mencintai apapun yang menjadi pekerjaannya. Pekerja keras yang satu ini selalu bekerja jauh lebih lama dibandingkan jam kerja pegawai kantoran.

Dia juga mengatakan, selalu berusaha untuk memperlakukan karyawan dengan baik. Kondisi itu membuat para karyawan setia dan mampu bekerja dengan baik.

Kini, Stine telah berhasil memiliki kekayaan hingga US$ 2,9 miliar dari perusahaan bibit tanaman terbesar yang didirikannya. Dia juga menghasilkan genetika kedelai terbaik di dunia karena serangkaian inovasi yang dia kembangkan.

(Source : Https://m.liputan6.com/bisnis/read/2029773/harry-stine-petani-dyslexia-yang-sukses-jadi-miliarder-dunia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar