Selasa, 24 April 2018

INDUSTRI SAPI POTONG


A. SAPI UNTUK PENGGEMUKAN
Penggemukan sapi adalah aktifitas penggunaan lahan dari kegiatan pertanian menjadi pemeliharaan ternak secara intensif, ternak tidak digembalakan di padang rumput dan pemberian pakan terbatas dan dijatah. Pemberian pakan untuk produksi dan peningkatan berat di padangan digolongkan sebagai feedlot (clark, 2006).

B. KARKAS DAN KOMPOSISI KARKAS
Karkas adalah sapi sehat yang telah disembelih secara halal dengan memotong kepala diantara tulang ospital (os occipitale) dengan tulang tengkuk pertama (os atlas), telah dikuliti, dikeluarkan jerohan. Kaki depan dipotong diantara carpus dan metacarpus, kaki belakang dipotong diantara tarsus dan metatarsus, organ reproduksi, ambing, ekor serta leamk yang berlebih. Jika diperlukan untuk memisahkan ekor, maka paling banyak dua ruas tulang belakang coccygeal (os caudalis) atau berdasarkan (SNI 2008).

C. PEMBIBITAN INDUSTRI SAPI POTONG
Sistem perkawinan didalam pembibitan sapi dapat menggunakan intensifikasi kawin alam atau inseminasi buatan. Intensifikasi kawin alam adalah sistem perkawinan secara alam dengan pengaturan perkawinan yang secara intensif, sedangkan inseminasi buatan dapat menggunakan semen beku maupun semen cair.

D. PAKAN UNTUK PEMBIBITAN DAN PENGGEMUKAN
Pakan berpengaruh besar dalam usaha peternakan, semakin murah pengeluaran dalam penyediaan pakan maka keuntungan yang didapatkan akan semakin besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar