Senin, 14 September 2015

Fries Holland

Sapi Fries Holland atau FH, di Amerika Serikat disebut Holstein Friesian atau disingkat Holstein. Sedangkan di Europa disebut Friesian. Bobot badan sapi betina dewasa yang ideal adalah 628 kg, sedangkan yang jantan dewasa bobotnya 1000 kg. Sapi FH adalah sapi perah yang produksi susunya tertinggi, dibandingkan bangsa-bangsa sapi perah lainya, dengan kadar lemak susu yang rendah. Produksi susu rata-rata di Amerika Serikat 7245 kg/laktasi dan kadar lemak 3,65%, sedangkan di Indonesia produksi susu rata-rata per hari 10 liter/ekor(Sudono, et al., 2003).

Sudono (1999) menyebutkan bangsa sapi FH murni warna bulunya hitam dan putih atau merah dan putih dengan batas-batas warna yang jelas. Sapi FH baik untuk menghasikan daging (beef) karena tumbuhnya cepat dan menghasilkan karkas sangat baik. Bobot lahir anak sapi tinggi yaitu 43 kg, tambahan lain warnalemak daging putih, sehingga baik sekali untuk produksi veal (daging anak sapi). Sapi FH termasuk masak kelamin lambat, tidak seperti sapi-sapi bangsa Jersey dan Guernsey yang termasuk masak dini.

Sapi FH berasal propinsi Belanda Utara dan propinsi Friesland Barat. Bangsa sapi FH terbentuk dari nenek moyang sapi liar Bos (Taurus) typicus primigenius yang ditemukan di negeri Belanda sekitar 2000 tahun yang lalu. Negeri Belanda terkenal dengan tanahnya yang subur dan banyak sehingga menghasilkan pasutra yang sangat baik. Sapi FH dapat merumput dengan baik pada padang rumput yang baik, artinya bangsa sapi ini memerlukan rumput yang baik saja, jadi tidak seperti bangsa-bangsa sapi Ayshire dan Brown Swiss. Pada musim dingin di negeri Belanda udara lebih dingin, sehingga sapi FH harus dikandangkan, dan karena itu sapi FH sifatnya menjadi jinak. Disamping itu kerap kali sapi betina yang laktasi diperah sambil merumput di pasutra. Ketika bangsa sapi FH dibentuk, seleksi dilakukan terhadap produksi susu yang akan dijadikan keju. Pada pembuatan keju membutuhkan sapi yang produksi susnya banyak, sehingga akibat terbentuk sapi perah yang diutamakan produksi susunya tinggi dengan kadar lemak rendah. Sapi FH memiliki komposisi susu: Air 88.01%, Protein 3.15%, Lemak 3.45%, Laktosa 4.65%, Abu 0.68%, Bahan Kering 11.93%.(Sudono, 1999).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar